Home » Featured » Mantan Wapres : Kita Mampu Tunjukkan Kemandirian Energi

Mantan Wapres : Kita Mampu Tunjukkan Kemandirian Energi

Mantan Wapres : Kita Mampu Tunjukkan Kemandirian Energi

MigasReviewMasa Transisi, Pertamina Kelola Mahakam hingga Desember 2015. Baca ... », Jakarta – Permasalahan yang terjadi di sektor minyak dan gas bumi, menurut mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno, merupakan masalah yang sangat rawan dan secara langsung berpengaruh kepada kehidupan rakyat banyak. Karena, krisis energi pada dasarnya akan mempengaruhi sistem perekonomian.

“Sekarang waktu yang tepat bagi kita untuk melakukan evaluasi dengan mengambil pengalaman berharga selama ini, tanpa kita saling menyalahkan yang kemudian kurang ada manfaatnya. Agar ke depan kita benar-benar mampu menunjukkan kemandirian di bidang ekonomi dalam arti luas terutama energi, pangan dan air serta berdaulat di bidang politik terutama penentuan kebijakan dan strategi nasional,” ujarnya di ruang GBHN, Nusantara V gedung MPR, Rabu (28/8).

Hal itu diungkapkannya, karena menginginkan pengelolaan blok MahakamMasa Transisi, Pertamina Kelola Mahakam hingga Desember 2015. Baca ... » yang dikelola oleh Total E&P Indonesie saat berakhir kontrak pada 2017, agar dikelola oleh perusahaan dalam negeri. Try Sutrisno meminta menegaskan, pemerintah harus mengakhiri masa pengelolaan tersebut dan menyerahkannya ke PT PertaminaTender Akan Ukur Kemampuan Pertamina. Baca ... » (persero), supaya pemerintah RI saat ini tidak melupakan harga diri bangsa.

“Sudah cukup bagi Total untuk mengelola blok Mahakam selama 50 tahun. Saya ingin Indonesia bermartabat dan berdaulat sehingga mampu mengatur semua aspek kehidupan,” tuturnya. Menurut dia, tidak ada alasan bagi pemerintah untuk meragukan kemampuan Pertamina. Sumber dayaStrategi Pengelolaan Sumber Daya Migas Indonesia. Baca ... » manusia (SDM) bangsa ini mampu untuk mengelola Blok Mahakam. Begitu juga dengan masalah pendanaan yang mudah didapatkan lantaran masih banyak deposit gas yang tersimpan.

“Kalau kontrak diperpanjang dengan alasan Pertamina kurang mampu SDM, dana dan teknologi. Menurut saya itu merendahkan kemampuan bangsa sendiri, terutama Pertamina,” tegas Try Sutrisno. (op)

Index Kategori Ini »


Baca juga yang iniclose